Tips Mudah Merawat Kuku Tetap Cantik Alami

tipscaramerawatdiri - Memiliki kuku yang cantik dan sehat merupakan hal yang diinginkan setiap wanita. Oleh karena itu banyak dari mereka yang tidak segan-segan untuk melakukan perawatan di salon untuk menjaga kecantikan kuku.

Menjadi bagian tubuh yang selalu terlihat membuat kuku harus selalu dijaga kesehatan dan kebersihannya. Kuku yang sehat dan bersih akan membuat tampilanmu semakin menarik dan menjadi poin plus tersendiri. Selain itu kuku yang bersih dan sehat juga dapat mencegahmu dari berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa tips cara alami untuk menjaga kuku tetap sehat dan cantik terawat yang bisa kamu lakukan dirumah mu.

Ingin Kukumu Seindah Kuku Artis? Cukup Lakukan Satu Hal Kuno Ini ...

1. Olesi kuku dengan minyak zaitun

Minyak zaitun selalu muncul jika kita membahas masalah kecantikan, begitu pula dengan merawat kecantikan kuku. Kandungan minyak zaitun membantu memperkuat jaringan pada kuku sehinga mampu menjaga kesehatan kuku.

Cara perawatannya cukup mudah, yaitu dengan menghangatkan minyak zaitun lalu oleskan pada kuku menggunakan cuttonbath. Diamkan selama 15-20 menit, setelah selesai bilas menggunakan air hingga bersih.

2. Rendam dengan air jeruk

Jika kukumu mulai terlihat kusam dan tidak berkilau lagi, tak perlu repot-repot ke salon untuk mngembalikan kilaunya. Kamu dapat melakukan perawatan yang simple di rumah. Perawatan tersebut adalah dengan merendam kuku dalam air jeruk. Siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air jeruk kedalamnya. Rendamlah kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas mengggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat air jeruk.

3. Gosok kuku dengan belimbing wuluh

Vitamin C pada belimbing wuluh dapat memperbaiki kelembapan alami kuku. Selain itu belimbing wuluh juga dapat mengangkat kotoran yang menempel pada kuku, sehingga dapat membuat tampilan kuku menjadi bersih berkilau.

Cara penggunaanya adalah dengan menggosok-gosok lembut belimbing wuluh ke bagian ujung kuku agar airnya dapat meresap kedalam dan mengeluarkan kotoran dari dalam kuku. Selanjutnya gosokkan juga secara merata pada bagian kuku lainnya, setelah selesai bilas dengan air bersih.

4. Lendir dari lidah buaya

Lendir lidah buaya mampu melembabkan kembali kuku yang dehidrasi. Selain itu lendir lidah buaya juga dapat mempercepat penyembuhan luka pada tepi kuku lho!

Jadi jika kalian memotong kuku terlalu dalam hingga terasa perih maka yang harus dilakukan adalah mengoleskan lendir lidah buaya. Luka dapat cepat sembuh, sekaligus merawat kuku agar tetap sehat. Cara penggunaannya sama seperti belimbing wuluh, yaitu dengan menggosokkan lidah buaya yang telah dibelah pada kuku dan daerah sekitarnya. Kelembapan dan kilau kuku pun akan kembali.

5. Siung bawang putih

Meskipun perawatan menggunakan siung bawang putih dapat membuatmu merasa tidak nyaman dengan baunya, namun perawatan dengan cara ini memiliki banyak manfaat dan mencegah dari berbagai masalah kuku yang sering kita temui lho!

Perawatan kuku menggunakan bawang putih dapat menjaga kukumu agar tidak rapuh, retak maupun patah. Bawang putih juga menjaga kukumu agar terhindar dari serangan jamur kuku yang akan merusak tampilan kukumu.

Perawatan dengan bawang putih dilakukan dengan cara menggosokkan secara perlahan dan merata bawang putih yang telah dibelah. Diamkan dan biarkan kandungan dari bawang putih meresap ke dalam kuku. Lakukanlah perawatan ini saat kamu sedang tidak ada rencana keluar rumah ya, karena bau dari bawang putih dapat mengurangi rasa percaya diri bagi beberapa orang.

6. Merawat kuku dari dalam

Setelah perawatan kuku dari luar, langkah berikutnya adalah dengan merawat kuku dari dalam. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang baik bagi kuku.

Diantaranya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium, seperti yogurt, susu, keju, dan yang lainnya.

Selain itu mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besi dan juga vitamin A. Mengkonsumsi buah-buahan juga baik untuk kuku karena kandungannya yang akan berbagai vitamin yang baik untuk kuku.

Itulah tips merawat kuku agar selalu terlihat sehat dan cantik berkilau. Jangan lupa untuk selalu rutin memotong kuku, agar tampilan kuku menjadi semakin menarik dan memaksimalkan penampilanmu.