Tips Cara Merawat Rambut Agar Sehat Berkilau

tipscaramerawatdiri - Karena rambut adalah mahkota para perempuan, jadi sudah seharusnya kamu tahu bagaimana caranya merawat kesehatan rambut agar tetap sehat, lembut dan berkilau. Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan perawatan rambut super bagus. Model rambut yang kian beragam membuat rambut rawan rusak dan rontok.

Merawat rambut tidak harus di salon kok. Kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dan tetap mendapat hasil maksimal. Tapi gimana caranya ya? Mudah kok, berikut akan kami rangkum beberapa Tips Cara Merawat Rambut Agar Sehat Berkilau tanpa harus pergi ke salon.

Cara mendapatkan rambut yang indah

1. Memilih produk yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Kamu harus tahu jenis rambut seperti apa yang kamu miliki. Entah itu kering atau berminyak, kamu harus menyesuaikannya dengan shampoo dan conditioner yang akan kamu pakai. Memakai shampoo yang sesuai dengan rambutmu akan membantu memperbaiki kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, patah, juga bercabang.

2. Keramas dengan air dingin.

Ada berbagai macam perbincangan tentang sebaiknya keramas dilakukan dengan air apa. Keramas dengan air dingin ternyata bisa mencegah rambut rontok. Dalam bagaimana cara merawat rambut sehat, kamu harus tahu bahwa air dingin mampu membuat peredaran darah menjadi lancar. Selain air dingin mampu menjaga kekuatan akar rambut, air dingin juga bermanfaat menjaga rambut agar tetap berkilau dan lembut.

3. Menggunakan masker yang dibuat sendiri di rumah.

Kamu bisa membuat masker rambutmu. Bahannya pun termasuk mudah di dapat. Kamu tinggal memilih entah itu masker alpukat, telur, santan, buah-buahan atau lidah buaya. Sebagai contoh lidah buaya yang berfungsi membuat rambut menjadi hitam alami dan menjaga kulit kepala dari ketombe. Cara membuatnya mudah saja, yaitu mengambil dagingnya dan menggunakan secara merata pada rambut yang telah dibasahi air hangat. Kamu tinggal menunggunya meresap selama 15 menit kemudian membilasnya dengan air.

4. Menggunakan baking soda untuk mengurangi kandungan zat kimia dari produk styling kamu.

Baking soda bisa membantumu mengurangi zat kimia yang terkandung dari sisa produk styling yang baru kamu lakukan. Cara membuatnya tidak sulit sama sekali, kamu tinggal menuangkan 3 sendok makan baking soda ke dalam air yang akan kamu pakai untuk membilas rambut. Bilas rambut dengan campuran tersebut secara merata dan semuanya selesai.

5. Menyisir rambut dengan benar.

Walau sepele, menyisir rambut ini berpengaruh juga dalam kesehatan rambut kamu, lho. Cara menyisir yang benar adalah dengan menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu baru bagian atasnya. Menyisir dari atas dulu akan membuat rambutmu rontok dan patah karena rambut kusut. Selain itu, sisir yang terbuat dari plastik bisa menghantarkan listrik statis dan membuat rambutmu rusak. Jadi sebaiknya kamu menghindari sisir yang bahannya plastik, ya.

6. Mengonsumsi Vitamin D

Vitamin D merupakan sumber kalsium. Jika banyak orang berpikir bahwa kalsium hanya baik untuk tulang, maka sebenarnya kalsium juga baik untuk kesehatan rambut. Saat kadar kalsium dalam tubuh berkurang, maka itu berpengaruh juga untuk kekuatan rambut sehingga membuat rambut mudah rontok. Mengonsumsi vitamin D akan membantumu mendapatkan rambut yang lebih sehat.

7. Mengonsumsi oatmeal.

Oats adalah salah satu makanan terbaik untuk mencegah rambut rontok. Kandungan biotin yang ada dalam oats sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kelembaban rambut. Bukan hanya untuk rambut, oats juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mengontrol tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Tidak menyisir rambut saat masih basah

Sehabis keramas, biarkan rambutmu kering dulu sebelum menyisirnya. Menyisir rambut dalam keadaan rambut basah hanya akan membuat rambutmu rontok dan patah karena kusut.

9. Membungkusnya dengan handuk daripada menggosoknya.

Rambut sangat rapuh saat basah, itu sebabnya dari pada menggosokkannya dengan handuk, lebih baik kamu membungkusnya dengan handuk untuk menghindari rambut patah berlebihan.

Demikianlah cara merawat rambut sehat berkilau tanpa harus kamu pergi salon. Rambut yang dirawat pasti akan berbeda dengan rambut yang tidak mendapat perawatan yang benar. Jadi, selama kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan mudah, ngapain harus pergi ke salon? Kamu harus coba nih.